Pengakuan Napi yang Kabur dari Lapas Bikin Sedih

Pengakuan Napi yang Kabur dari Lapas Bikin Sedih
Narapidana yang kabur (jongkok) saat dibawa Timsus Ditreskrimum Polda Kalsel sebelum diserahkan ke Lapas Banjarmasin. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Pelarian seorang narapidana (napi) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin berakhir di tangan Tim Khusus Ditreskrimum Polda Kalimantan Selatan.

Napi berinisial IH (42) kabur sejak 23 Juli 2022.

"Warga binaan Lapas Banjarmasin itu ditangkap Jumat (12/8) oleh Timsus saat berada di belakang Pasar Alabio Jalan Kali Negara, Desa Pangkalan Sari, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Sabtu.

Sebelumnya pihak lapas melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan meminta permohonan bantuan pencarian tahanan kabur ke Polda Kalsel.

Kemudian Dirreskrimum Polda Kalsel Kombes Hendri Budiman memerintahkan kepada tim khusus dipimpin Ipda Najamuddin Arif melakukan penangkapan.

Rifa'i menyebut pelaku awalnya sempat lari ke Kalimantan Tengah karena merupakan daerah asalnya di Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Hingga terendus timsus bergeser ke daerah HSU yang langsung bergerak ke sana sembari berkoordinasi dengan Unit Jatanras Polres HSU dan Unit Reskrim Polsek Alabio.

"(Pelaku) ditangkap tanpa perlawanan. Setelah ditanya alasan kabur karena kangen anaknya," ucap Rifa'i.

Nekat kabur dari lapas, narapidana (napi) beri pengakuan yang membuat orang bisa sedih, terharu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News