Pengamat: Airlangga, Prabowo, dan Anies Baswedan Bersaing pada Pilpres 2024

Pengamat: Airlangga, Prabowo, dan Anies Baswedan Bersaing pada Pilpres 2024
Ilustrasi - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dikabarkan bakal maju lagi di Pilpres 2024. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga memprediksi Airlangga Hartarto yang digadang-gadang maju sebagai capres dari Golkar akan berhadapan dengan calon dari koalisi Gerindra dan PDIP serta Partai Demokrat.

Menurutnya, Airlangga Hartarto besar kemungkinan bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Ada tiga calon, Airlangga dengan pasanganya, Prabowo besar kemungkinan dengan Puan Maharani, satu lagi pasangan Anies Baswedan," kata Jamiluddin Ritonga, Sabtu (23/10).

Jamiluddin mengatakan peluang tiga partai besar yakni PDIP, Golkar, dan Gerindra bertarung dalam Pilpres 2024 sangat besar.

Sebab, ketiga partai itu akan mengusung kader masing-masing menjadi capres.

"PDIP dapat mengusung sendiri pasangan capres dan cawapres, sementara Golkar dan Gerindra cukup berkoalisi dengan satu partai menengah untuk mengusung kadernya manjadi capres," lanjutnya.

Dosen Universitas Esa Unggul itu menilai ada kemungkinan Puan akan dijadikan cawapres berpasangan dengan Prabowo sebagai capres.

Jamiluddin menghubungkan dengan rumor bahwa Megawati dan Prabowo akan berkoalisi pada 2024 setelah Prabowo mau masuk kabinet Jokowi usai kalah pada Pilpres 2019.

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga prediksi Airlangga, Prabowo, dan Anies akan bersaing pada Pilpres 2024