Pengamat: Al Qaeda Sedang Tiarap Namun Masih Berbahaya

Rabu, 31 Juli 2019 – 14:00 WIB
Pengamat: Al Qaeda Sedang Tiarap Namun Masih Berbahaya - JPNN.com
Pengamat: Al Qaeda Sedang Tiarap Namun Masih Berbahaya

Dalam beberapa tahun terakhir dengan perhatian di Timur Tengah banyak dicurahkan dalam usaha memerangi ISIS, kelompok teroris yang sebelumnya menjadi asal mula dari ISIS yaitu Al Qaeda, tidak banyak mendapat perhatian.

Namun beberapa pengamat mengatakan bahwa Al Qaeda masih merupakan kelompok yang berbahaya namun sengaja untuk tidak melakukan kegiatan yang bisa membuat mereka mendapat perhatian dunia internasional.

Sejak pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden tewas di Pakistan tahun 2011, Al Qaeda tampaknya sengaja 'tiarap' dan tidak melakukan serangan besar terutama di negara-negara Barat.

"Saya percaya bahwa Al Qaeda sengaja untuk tidak melakukan serangan teroris berskala internasional, khususnya yang 'spektakuler' untuk tidak menarik perhatian," kata Bruce Hoffman, peneliti mengenai terorisme global di Georgetown University, Amerika Serikat.

"Al Qaeda... jelas sekali masih ada."

"Saya bahkan berani mengatakan bahwa kelompok ini diam-diam dan dengan sabar membangun kekuatan dan terus mengumpulkan sumber daya untuk melanjutkan perjuangan yang dicanangkan oleh Osama bin Laden lebih dari 20 tahun lalu."

Perjuangan mereka adalah perjuangan ideologis dan perjuangan fisik melawan apa yang mereka sebut musuh-musuh Islam.

Pemimpin kelomok itu Ayman al-Zawahiri mengatakan fokus Al Qaeda adalah menyerang Amerika Serikat yang disebut sebagai 'kepala ular' dan 'musuh utama warga Muslim di seluruh dunia'.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...