Pengamat Dukung Erick Thohir untuk Ciptakan Liga dan Timnas Berprestasi

Pengamat Dukung Erick Thohir untuk Ciptakan Liga dan Timnas Berprestasi
Ilustrasi logo PSSI. Foto: dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyarankan agar federasi sepak bola Indonesia, yaitu PSSI sebaiknya dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang baik dan meningkatkan prestasi tim nasional.

“Bongkar total bukan berarti saya menyalahkan siapa pun. Bagaimana menciptakan Timnas yang lebih baik, liga yang lebih baik. Maka, semuanya harus transparan dan dikelola dengan baik,” kata Erick Thohir dalam keterangannya pada Senin (5/12).

Erick Thohir yang juga anggota International Olympic Committee (IOC) itu menilai sudah saatnya PSSI merapatkan barisan guna menciptakan liga yang lebih baik dan timnas berprestasi.

“Kita mesti bongkar itu. Artinya bongkar kultur, manajemen, sponsorship, media. Media juga jangan beli (hak siar) liga dengan bayaran murahlah. Kalau Liga Inggris bayaran (hak siar) mahal tetapi Liga Indonesia murah,” ucap Erick Thohir.

Eks Presiden Inter Milan itu pun menyinggung soal banyaknya pemain naturalisasi di dalam klub sepak bola Indonesia.

Hal ini, kata Erick Thohir sangat berbeda jauh dengan Jepang dan Korea Selatan yang mampu menembus dominasi Eropa dan Amerika Selatan.

Dua negara tersebut mampu menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar karena pembinaan yang terus mereka lakukan secara kontinu bahkan hingga puluhan tahun, termasuk dengan memberikan para pemain muda kesempatan bermain lebih banyak bersama klub.

“Kompetisi untuk pemain muda tidak maksimal, kebanyakan naturalisasi. Saya bukan tidak suka naturalisasi, tetapi apabila satu klub pemain naturalisasinya banyak bagaimana. Kami tidak menyalahkan klub, tetapi kami harus duduk bersama klub, menerapkan strategi agar ada pemain muda, pemain naturalisasi dan pemain asing,” ujar Erick.

Erick Thohir menilai sudah saatnya PSSI merapatkan barisan guna menciptakan liga yang lebih baik dan timnas berprestasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News