Penghematan BBM 2011 akan Dilakukan Dua Tahap

Penghematan BBM 2011 akan Dilakukan Dua Tahap
Penghematan BBM 2011 akan Dilakukan Dua Tahap
JAKARTA - Rencana pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang mulai diterapkan di wilayah Jawa dan Bali pada tahun 2011 mendatang, disebutkan akan dilakukan secara dua tahap. Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), Djaelani Sutomo, menyatakan bahwa tahap pertama akan dimulai pada 1 Januari 2011, sementara tahap kedua dimulai pada 1 Juli 2011.

"Jika program penghematan BMM ini berjalan, maka Pertamina akan menerapkan secara dua tahap. Tahap pertama akan dimulai dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan tahap kedua baru diterapkan di seluruh wilayah Pulau Jawa dan Bali," ungkapnya, usai megikuti rapat di Kementerian ESDM tentang rencana penghematan subsidi BBM, Kamis (2/12).

Selanjutnya, terang Djaelani, pada tahun 2012, penghematan BBM bersubsidi mulai diterapkan untuk Pulau Sumatera dan Kalimantan. Kemudian pada tahun 2013, bakal menyusul di Pulau Sulawesi.

"Sementara, penghematan BBM untuk Indonesia Timur masih belum diterapkan, karena depot yang berada di sana masih sedikit dan kecil. Di samping itu juga, tingkat konsumsi BBM bersubsidi di Indonesia Timur hanya sekitar 2 persen dari konsumsi secara nasional," terangnya.

JAKARTA - Rencana pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang mulai diterapkan di wilayah Jawa dan Bali pada tahun 2011 mendatang, disebutkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News