Penjinak Bom Asli Gugat 'Hurt Locker'

Penjinak Bom Asli Gugat 'Hurt Locker'
Penjinak Bom Asli Gugat 'Hurt Locker'
NEW JERSEY - Ide cerita film terbaik Academy Award 2010, The Hurt Locker, ternyata adalah saduran? Kecurigaan seperti itu muncul di benak Dennis Cavanaugh, hakim Pengadilan New Jersey, setelah memeriksa berkas gugatan veteran Perang Irak, Jeffrey Sarver. Sarver menuduh film buatan Voltage Pictures itu menyadur kisah hidupnya, yang sempat dimuat majalah Playboy tahun 2005.

Meski cukup sukses di pasaran dengan perolehan USD 48,6 juta, bahkan meraih enam Piala Oscar, bekas penjinak bom Perang Irak ini mengaku tak mendapat kompensasi sepeser pun. Padahal menurut dia, film yang mengisahkan perjuangan pasukan penjinak bom Amerika Serikat (AS) selama bertugas di Irak itu, jelas-jelas mengambil ide dari kisah hidupnya, yang kemudian diperankan aktor Jeremy Renner.

Pada sidang pendahuluan pekan lalu, penulis naskah Mark Boal bersikukuh menyebutkan bahwa tokoh maupun ide cerita film berbudjet USD 15 juta itu adalah fiktif. Tapi, Cavanaugh tampaknya lebih sependapat dengan bukti yang disodorkan Sarver, sehingga kemudian memutuskan agar Pengadilan Los Angeles melanjutkan persidangan.

Selain Boal, seperti diberitakan Aceshowbiz, Senin (22/11), hakim juga menyetujui keinginan Sarver untuk menggugat sutradara Kathryn Bigelow yang memperoleh penghargaan sutradara terbaik (untuk film itu). Begitu juga dengan pihak lain yang dinilai terkait dengan pembuatan film. (pra/jpnn)

NEW JERSEY - Ide cerita film terbaik Academy Award 2010, The Hurt Locker, ternyata adalah saduran? Kecurigaan seperti itu muncul di benak Dennis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News