Penonton PON Papua Membeludak, Satgas Covid-19 Bilang Begini

Penonton PON Papua Membeludak, Satgas Covid-19 Bilang Begini
Antusiasme penonton Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Foto: PB PON XX PAPUA

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satgas Protokol Kesehatan PON XX Papua Prasinta Dewi meminta masyarakat di Mimika yang hadir menyaksikan pertandingan setiap cabang olahraga (cabor) di semua venue harus menggunakan masker.

Hal itu menjadi wajib karena pelaksanaan PON kali ini masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Nonton cabor di PON keren kalau pakai masker. Kalian tidak keren kalau tidak pakai masker. Ingat, kita masih di masa pandemi Covid,” kata Prasinta dilansir dalam laman resmi PON.

Prasinta yang merupakan Deputi Bidang Pencegahan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia ini mengatakan bahwa gelaran PON Papua harus terlaksana.

“Jadi yang kita khawatir takutnya ada klaster PON. Untuk itu, kita saling menjaga diri, saling mengingatkan dan mengajak semua masyarakat untuk wajib memakai masker yang benar,” ujar dia.

“Kadang-kadang kita ini sudah euforia suka lupa atau (masker) sempat dipakai tetapi diturunkan ke dagu. Ini yang tidak kita harapkan,” ungkap Prasinta.

Gelaran PON beberapa cabor telah membolehkan penonton hadir ke venue dengan maksimal 25 persen.

Terlihat beberapa cabor seperti futsal yang berlangsung di GOR Futsal SP 2 Kabupaten Mimika telah dihadiri oleh penonton yang ingin menyaksikan pertandingan antara Papua melawan Nusa Tenggara Barat.

Antusiasme masyarakat menyaksikan cabor di PON Papua sangat tinggi. Satgas Covid-19 mengeluarkan imbauan.