Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi, Wanita Wajib Tahu

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi, Wanita Wajib Tahu
Area kewanitaan Ilustrasi. Foto Women Health

jpnn.com, JAKARTA - Wanita harus mengetahui cara untuk menjaga kesehatan reproduksi. Salah satunya dengan merawat kebersihan area kewanitaan.

Sebab, jika tidak ditangani dengan baik area sensitif ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih.

Menurut dr Cynthia A. Susanto BMedSc SpOG, ada dua macam keputihan yang kerap dialami oleh wanita yaitu tipe fisiologis dan patologis.

"Fisiologis disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi, serta menjelang ovulasi," kata dia dalam webinar yang diselenggarakan oleh Andalan Feminine Care, baru-baru ini.

Sedangkan tipe patologis, kata Cynthia, disebabkan adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea.

"Infeksi ini akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksi mereka," jelasnya.

Marketing Manager DKT Indonesia Cut Vellayati menuturkan bahwa Andalan Feminine Care Intimate Wash hadir untuk memudahkan para wanita menjaga kebersihan area sensitif mereka.

"Pembersih area kewanitaan ini dapat membuat para perempuan terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan," ujar Cut Vellayati.

Wanita harus menjaga kesehatan reproduksi, salah satunya dengan merawat kebersihan di area kewanitaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News