Penunjukan Nurdin Halid jadi Ketua SC Disoal

Penunjukan Nurdin Halid jadi Ketua SC Disoal
Nurdin Halid. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Diam-diam Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie disebut sudah menunjuk Nurdin Halid menjadi Ketua Steering Commitee Rapat Pimpinan Nasional PG, yang bakal digelar akhir pekan ini. Penetapan Nurdin Halid ini kemudian dipertanyakan sejumlah elite partai berlambang Pohon Beringin itu.

Politikus PG Agun Gunandjar mengatakan, kepanitiaan Rapimnas seharusnya diputuskan dalam Rapat Pleno DPP PG terlebih dahulu. "Ya, saya dapat informasi kemarin ada rapat SC Rapimnas dipimpin saudara Nurdin Halid. Justru saya saat ini mempertanyakan rapat-rapat tersebut. Seharusnya penetapan kepanitiaan Rapimnas, temanya, agendanya, terlebih dahulu diputuskan dalam rapat pleno DPP," kata Agun, Rabu (12/11) kepada wartawan.

Penunjukan Nurdin dianggap tak sesuai dengan aturan yang disepakati di PG. Ini dianggap seolah-olah bagian dari upaya mempertahankan Ical sebagai Ketum PG. Nurdin ditunjuk menjadi ketua hanya melalui rapat konsultasi di Bandung.

"Mengapa kegiatan-kegiatan rapat DPP ini terkesan dibatasi hanya pada orang-orang yang setuju mempertahankan status quo, bahkan dalam rapat tersebut kemarin juga terucap aklamasi saja, dan siapa panitia itu nama-namanya, dan mana undangan tertulisnya," protes Agun.

Agun yang juga inisiator gerakan regenerasi kepemimpinan di internal PG ini, mengatakan, organisasi PG yang sangat tertata dengan baik seolah diabaikan. Sampai saat ini bahkan belum banyak informasi resmi terkait Rapimnas Golkar, apalagi soal percepatan Munas Golkar.

"Saya saja sampai saat ini tidak tahu, apa dan bagaimana Rapimnas Yogya itu, seharusnya semua pengurus DPP dilibatkan. Selama ini saya selalu dilibatkan dalam kepanitiaan, mengapa sekarang-sekarang ini tidak," keluhnya.

Politikus PG lainnya, Yoris Rawewai juga mengkritik penunjukan Nurdin Halid sebagai SC Rapimnas. Pasalnya, penunjukan itu semakin mencoreng PG  karena tak punya komitmen untuk menjadikan partai lebih bersih dan maju. "Saya enggak tahu persis penunjukannya sekarang seperti apa, karena sekarang saya tidak jadi pengurus DPP lagi," pungkasnya.

Rapimnas PG akan digelar pada akhir pekan ini di Yogyakarta. Santer terdengar kabar, Ical ingin mempercepat Munas PG sekaligus mengamankan posisi Golkar 1 secara aklamasi. (boy/jpnn)


JAKARTA - Diam-diam Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie disebut sudah menunjuk Nurdin Halid menjadi Ketua Steering Commitee Rapat Pimpinan Nasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News