Penyaluran KUR untuk UMKM Tembus Rp 949 Miliar

Penyaluran KUR untuk UMKM Tembus Rp 949 Miliar
Ilustrasi UMKM. FOTO: Radar Kudus/JPNN

jpnn.com, MANADO - Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Sulawesi Utara hingga saat ini sudah mencapai Rp 949 miliar.

Pemerintah Provinsi Sulut sendiri menargetkan realisasi penyaluran KUR pada tahun ini mencapai Rp 1,1 triliun.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara Muhdi mengatakan, penyerapan KUR akan membantu penciptaan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan.

“Ini merupakan pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang feasible dan bankable,” kata Muhdi, Sabtu (15/12).

Dia melanjutkan, KUR yang bisa diserap maksimal akan sangat membantu masyarakat.

“UMKM akan mendapat kemudahan untuk mendapatkan akses permodalan lembaga perbankan maupun keuangan lainnya serta meringankan bunga bank karena subsidi bunga yang diberikan oleh pemerintah,” kata Muhdi.

Di sisi lain, ekonom Sulut Joubert Maramis menilai kinerja pemerintah daerah untuk memaksimalkan penyaluran KUR harus lebih digenjot.

“Apalagi untuk menginput data debitur potensial yang ada agar dapat menjadi main data perbankan dalam menentukan keputusan pemberian kredit. Yang paling paham kondisi dan keadaan masyarakatkan adalah mereka (pemerintah),” kata Joubert. (malutpost/jpnn)


Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Sulawesi Utara hingga saat ini sudah mencapai Rp 949 miliar.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News