Penyelidikan Kasus di LP Bangkinang Dimulai

Penyelidikan Kasus di LP Bangkinang Dimulai
Penyelidikan Kasus di LP Bangkinang Dimulai
JAKARTA  – Tim dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) segera turun ke LP Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau untuk menyelidiki dugaan pemerasan dan penyimpangan kewenangan oleh oknum petugas di LP tersebut.  Tim dari Jakarta ini direncanakan sudah sampai di Bankinang pada Senin (16/8) pekan depan. Hanya saja, menurut Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Didin Sidirman, sebelum tim dari Jakarta ini tiba, Kanwil Kemenhukam Riau sudah memulai proses penyelidikan.

"Tim turun ke lapangan kemungkinan baru dilakukan awal minggu depan, tapi dari Kanwil Kemenkumham Riau sudah mulai melakukan proses penyelidikan. Kita turun ke LP Bangkinang paling lambat besok Senin (16/8) minggu depan. Rencananya tim mau turun, hari ini  (kemarin red), tapi terhalang oleh Sabtu dan Minggu (libur),’’ ucap Didin Sudirman kepada JPNN di Jakarta, JUmat (13/8).

Dijelaskan pula, pihaknya juga sudah menerima laporan dari Kakanwil Kemenkumham Riau. Menurut Kakanwil, lanjut Didin, laporan dari mantan anggota DPR Bulyan Royan itu perlu didalami. Dijelaskan, begitu mendapat informasi pengaduan pemerasan itu, Menkumham Patrialis Akbar juga sudah memerintahkan kepada Inspektur jenderal (Irjend) dan Direktur Jenderal (Direjend) Pemasyarakatan Kemenkumham untuk membentuk tim guna mengusut tuntas persoalan tersebut. ‘’Pak Menteri memerintahkan Irjen dan Direjen Pemasyarakatan segera turun ke lapangan untuk melakukan tindakan secepatnya,’’ ungkap Didin.

Patrialis Akbar sendiri sudah menegaskan akan mengusut tuntas mengenai laporan tentang adanya mafia pemerasan di LP Bangkinang tersebut terhadap Narapidana. ‘’Saya telah perintahkan Kakanwil Riau langsung turun ke Lapas Bangkinang untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut. Saya juga telah bertemu dengan Irjen bersama Dirjen Permasyarakatan agar mengusut tuntas kasus itu,’’kata Patrialis Kamis (12/8) lalu.

JAKARTA  – Tim dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) segera turun ke LP Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News