Peran Pemda Makin Penting, Bappenas Luncurkan IDSB

Peran Pemda Makin Penting, Bappenas Luncurkan IDSB
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan peran Pemda terutama makin penting. Foto dok. Bappenas

jpnn.com, JAKARTA - Peran Pemda Makin Penting, Bappenas Luncurkan IDSB.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional telah meluncurkan Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB) di ajang Indonesia’s SDGs Annual Conference 2022.

Indeks ini akan menjadi salah satu referensi dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di daerah, khususnya di tingkat kabupaten.

“Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan bahwa target pembangunan berkelanjutan tetap harus dicapai meskipun terdampak pandem,” kata Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangannya, Jumat (2/12).

Dijelaskannya memasuki Dekade untuk Aksi (Decade of Action) pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), akselerasi implementasi di daerah makin penting. 

"Pemerintah daerah terutama di kabupaten memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dengan menjaga kesimbangan antara pilar lingkungan lestari, ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, melalui tata kelola berkelanjutan," tambahnya.

Peluncuran Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan merupakan kerja sama Bappenas dengan mitra pembangunan konsorsium Daya Saing Daerah Berkelanjutan, diwakili Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

“Hasil Indeks ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan metode pengukuran dan kerangka kebijakan daya saing daerah," kata Direktur Eksekutif KPPOD Herman Suparman selaku Lead Konsorsium.

Menteri Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan peran Pemda makin penting karena itu dihadirkan IDSB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News