Perekonomian Mulai Bangkit Coba Cermati Saham 2 Perusahaan Ini

Perekonomian Mulai Bangkit Coba Cermati Saham 2 Perusahaan Ini
Memasuki fase pemulihan ekonomi saham-saham dengan fundamental positif menjadi pilihan utama investor. Ilustrasi: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Senior Investment Information Mirae Aset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta menilai memasuki fase pemulihan ekonomi saham-saham dengan fundamental positif menjadi pilihan utama investor.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan PT Unilever Tbk (UNVR) pun banyak dilirik oleh investor.

Menurutnya, saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan signifikan pada pandemi Covi-19 banyak investor yang melakukan buy on weaknesss meski dalam jumlah terbatas dan sangat selektif.

Namun, setelah program vaksinasi masal berjalan, pemulihan ekonomi mulai terjadi IHSG perlahan naik, dibarengi dengan kinerja pergerakan saham berkapitalisasi besar terutama dari emiten LQ45.

Pemulihan ekonomi selanjutnya mendorong kinerja perusahaan-perusahaan dengan fundamental kuat menjadi kembali positif.

”Momentum ini kemudian dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder ini Kinerja kuartal I-2022 misalnya PGAS menunjukkan hasil yang positif, sedangkan untuk UNVR adanya efisiensi biaya membuat adanya apresiasi atau peningkatan fundamental saham tersebut,” ujar Nafan.

Sejalan dengan itu, faktor fundamental perekonomian makro yang positif juga turut mendukung kinerja saham fundamentalist seperti UNVR dan PGAS.

Terutama neraca dagang Indonesia yang realisasinya lebih positif di atas prediksi pasar karena didukung tingginya harga komoditas. Industri juga masih tumbuh tercermin dari indeks pembelian industri (Purchasing Manager Index/PMI), serta Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang masih optimis.

Memasuki fase pemulihan ekonomi saham-saham dengan fundamental positif menjadi pilihan utama investor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News