Perempuan Penipu Ini Sudah Ditangkap Polisi, Korbannya Banyak, Mungkin Anda Salah Satunya

Perempuan Penipu Ini Sudah Ditangkap Polisi, Korbannya Banyak, Mungkin Anda Salah Satunya
Penyidik Satreskrim Polres Sukabumi Kota (kanan) saat meminta keterangan tersangka LI (kiri) terkait kasus dugaan investasi bodong di Mapolres Sukabumi Kota, Sabtu (1/4/2023. Foto: ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Seorang perempuan berinisial LI terduga pelaku penipuan terhadap puluhan warga di Sukabumi, Jawa Barat, telah ditangkap polisi.

Dari aksi penipuan dengan modus investasi bodong tersebut, pelaku telah meraup uang sebanyak ratusan juta rupiah.

"Tersangka LI masih dimintai keterangan terkait dugaan investasi bodong yang mengakibatkan kerugian korbannya mencapai sekitar Rp 343 juta," kata Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Yanto Sudiarto di Sukabumi, Sabtu.

Menurut dia, kasus dugaan investasi bodong ini terungkap setelah puluhan emak-emak melapor ke Polres Sukabumi Kota yang mengaku telah menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh tersangka LI dengan modus investasi bodong.

Ia menyebut saat ini sebanyak 28 orang korban sudah melaporkan kerugian mereka akibat tertipu dengan investasi bodong yang bervariasi sekitar dari Rp 6 juta hingga Rp 26 juta, dengan didijanjikan mendapatkan keuntungan sebesar 5-15 persen dari dana yang diinvestasikan itu.

Dari informasi yang dihimpun bahwa kasus tersebut berawal dari kegiatan arisan 2021 yang diikuti oleh puluhan peserta yang mayoritas merupakan ibu-ibu, termasuk tersangka LI. Namun, dalam perjalanan waktu, tersangka menawarkan investasi kepada anggota arisan tersebut untuk ikut berinvestasi.

Selain itu, LI merekrut calon korbannya dengan mengajak kenalannya yang memasang status di media sosial WhatsApp menawarkan investasi yang keuntungannya cukup menggiurkan.

Tak berselang lama, LI berhasil merekrut puluhan member investasi bodong tersebut. Awalnya sebulan dua bulan tersangka membayarkan keuntungan yang dijanjikan, tetapi bulan berikutnya terjadi kemacetan pembayaran keuntungan.

Seorang perempuan berinisial LI terduga pelaku penipuan terhadap puluhan warga di Sukabumi, Jawa Barat, telah ditangkap polisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News