Perempuan Pilih Menjomblo Karena Ingin Mandiri

Perempuan Pilih Menjomblo Karena Ingin Mandiri
Perempuan Pilih Menjomblo Karena Ingin Mandiri

Apakah hubungan asmara menahan Anda?

Kian sedikit orang di Australia menikah dan semakin banyak yang bercerai. Dan terutama perempuan cenderung menemukan sisi positif menjalani petualangan hidup sendirian.

Sebuah studi yang dirilis tahun ini di Journal of Women's Health yang melibatkan 80.000 perempuan menunjukkan sebagian besar mereka menjadi lebih sehat ketika bercerai atau berpisah dengan suami mereka.

Tanda-tanda peningkatan kesehatan termasuk penurunan indeks bobot tubuh (body mass index/BMI), lingkar pinggang, dan tekanan darah diastolik, seperti juga asupan makanan yang lebih baik dan aktivitas fisik yang lebih besar.

Penelitian lain menunjukkan perempuan lebih bahagia daripada laki-laki menjadi tanpa pasangan atau 'menjomblo', seperti survey atas 3.500 orang Australia pada 2014 yang menemukan 76 persen perempuan dilaporkan merasa lebih puas dengan kehidupan lajang dibandingkan 67 persen pada pria.

Baru bulan lalu seorang perempuan Italia yang "menikahi dirinya sendiri di depan 70 orang dekatnya" mengatakan kebahagiaannya tidak bergantung pada menemukan seorang pria.

"Kita semua pertama-tama harus mencintai diri kita sendiri," kata dia.

'Saya membungkus diri sendiri'

Pada usia 22 tahun, Emma Dignon dari Adelaide mengatakan dia belajar bahwa hidup tidak hanya melulu tentang berpasangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News