Perguruan Tinggi Segera Gelar PTM, Putra Nababan Bilang Begini

Perguruan Tinggi Segera Gelar PTM, Putra Nababan Bilang Begini
Ilustrasi - Anggota Komisi X DPR Putra Nababan (kiri) berbincang dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana membolehkan perguruan tinggi untuk menggelar pembelajaran tatak muka secara terbatas.

Perguruan tinggi negeri maupun swasta bakal diizinkan menggelar PTM di wilayah yang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level satu hingga tiga.

Menanggapi hal tersebut anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan menyatakan apresiasinya.

"Beberapa minggu lalu dalam rapat kerja Komisi X DPR, saya menyampaikan kepada mas Menteri Nadiem Makarim untuk mendorong kampus-kampus mulai melakukan pembelajaran tatap muka."

"Saya prihatin dengan kondisi belajar daring yang dialami mahasiswa selama tiga semester terakhir ini,” ujar Putra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (24/9).

Menurut Putra, rencana PTM terbatas di kampus wilayah PPKM level satu hingga tiga yang disampaikan pemerintah, menjadi hal yang paling dinanti-nantikan.

Pasalnya, sejak pandemi selama satu setengah tahun lalu, mahasiswa baru yang sekarang sudah duduk di semester tiga belum pernah sama sekali ke kampusnya.

"Saya khawatir banyak mahasiswa yang kehilangan pengalaman belajar selama pandemi ini atau yang disebut learning loss."

Perguruan tinggi bakal segera menggelar pembelajaran tatap muka, Putra Nababan bilang begini.

Sumber ANTARA