Perhatian, Ada Pengumuman Penting untuk Masyarakat Sekitar Lereng Gunung Semeru

Perhatian, Ada Pengumuman Penting untuk Masyarakat Sekitar Lereng Gunung Semeru
BPBD Lumajang memberikan pengumuman penting untuk masyarakat di lereng Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, Minggu (4/12). Foto: Antara

jpnn.com, LUMAJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang memberikan pengumuman penting untuk masyarakat di lereng Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, Minggu (4/12).

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Lumajang Joko Sambang mengatakan imbauan dikeluarkan BPBD pascaerupsi dan meluncurkan awan panas guguran sejauh tujuh kilometer pada Minggu sampai kondisi kondusif.

"Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan tenang mencari ke titik aman," kata Joko saat dihubungi per telepon di Lumajang, Jawa Timur, Minggu.

Gunung Semeru mengalami erupsi disertai luncuran awan panas guguran (APG) sejauh tujuh kilometer pada Minggu pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak.

Kemudian, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah tenggara dan selatan.

"Tim BPBD Lumajang menuju lokasi sektoral Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, imbauan, evakuasi dan membagikan masker," tuturnya.

Informasi dari pos pantau BPBD, Pada pukul 08.00 WIB di Dusun Curah Kobokan, Supiturang bahwa APG sudah terurai di atas Watu Telu kaki Gunung Semeru. Luncuran APG masih berlangsung dengan jarak luncur 4 sampai 5 kilometer.

"Jalur penyeberangan Kali Lanang Curah Kobokan ditutup sementara demi keamanan," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang memberikan pengumuman penting untuk masyarakat di lereng Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, Minggu (4/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News