Peringatan Keras BMKG, Terjadi Kenaikan Gelombang Laut, Sangat Tinggi!

Peringatan Keras BMKG, Terjadi Kenaikan Gelombang Laut, Sangat Tinggi!
BMKG memperingatkan terjadi kenaikan gelombang laut sangat tinggi. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menurut Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, telah terjadi peningkatan gelombang laut yang diperkirakan mencapai empat sampai enam meter.

Peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Tinggi gelombang 4-6 meter termasuk kategori sangat tinggi. Peningkatan tinggi gelombang lebih dipengaruhi faktor kecepatan angin di atas permukaan laut," kata dia di Cilacap, Jateng, Senin (23/5).

Teguh mengatakan berdasarkan analisis timnya, angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5-20 knot.

Embusan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang di laut selatan Jabar-DIY yang saat sekarang telah memasuki musim angin timuran.

Terkait dengan hal itu, pihaknya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY yang berlaku pada tanggal 23-24 Mei 2022.

Dalam hal ini, tinggi gelombang empat sampai enam meter yang masuk kategori sangat tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selain itu, Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Menurut BMKG Cilacap, telah terjadi peningkatan gelombang laut yang diperkirakan mencapai 4-6 meter atau kategori sangat tinggi. Warga diminta waspada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News