Peringati Hari Kebersihan Dunia, DLH Aceh Barat Kumpulkan 1,9 Ton Sampah

Peringati Hari Kebersihan Dunia, DLH Aceh Barat Kumpulkan 1,9 Ton Sampah
Aksi pengumpulan sampah di Aceh Barat. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, ACEH BARAT - Dalam rangka memperingati hari kebersihan dunia atau World Clean Up Day (WCD) 2019, pemerintah Indonesia memusatkan sejumlah aksi di 14 titik. Salah satunya di Meulaboh, Aceh Barat.

Untuk peringatan WCD 2019 di Meulaboh dilakukan aksi pengumpulan sampah dengan melibatkan 3.000 relawan. Dari aksi tersebut berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 1,9 ton.

"Ini merupakan prestasi baru bagi masyarakat Aceh Barat, karena banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan sosial tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi, Senin (23/9).

Sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut kemudian dilakukan pemilahan pada tempat pengolahan sampah di kawasan Desa Kampung Belakang, Meulaboh. Nantinya sampah itu akan dimanfaatkan kembali.

Sedangkan sisanya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Tumpok Ladang, Kecamatan Meureubo, untuk dimusnahkan.

Mulyadi berharap kegiatan aksi bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari dukungan dan partisipasi masyarakat, dan salah satu bentuk komitmen bersama dalam rangka kampanye mengurangi penggunaan dan limbah sampah plastik khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

"Kegiatan WDC ini melibatkan semua komunitas, pemerintah, perguruan tinggi, dan berbagai perusahaan BUMN dan swasta serta masyarakat dengan mengumpulkan berbagai sampah plastik," tandas Mulyadi. (cuy/jpnn)

Sebuah prestasi baru buat Aceh Barat, karena banyak lapisan masyarakat yang berpartisipasi mengumpulkan sampah.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News