Peringkat BRI Jadi BBB dan AAA (idn) dalam Penilaian Fitch Ratings

Peringkat BRI Jadi BBB dan AAA (idn) dalam Penilaian Fitch Ratings
Fitch Ratings menaikan sejumlah peringkat utang BRI. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Fitch Ratings menaikan sejumlah peringkat utang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, karena dinilai mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan sehingga konsisten meraih kepercayaan seluruh stakeholders.

Lembaga pemeringkat keuangan terkemuka dunia itu menilai peringkat Utang Jangka Panjang (LT IDR) BRI dari 'BBB-' menjadi 'BBB'.

Kemudian, Short Term Issuer Default Rating (IDR) BRI dinaikkan dari F3 menjadi F2. Ketiga, Fitch Ratings meningkatkan Peringkat Nasional Jangka Panjang BRI menjadi 'AAA (idn)' dari 'AA+(idn)' dengan outlook stabil.

Keempat, Fitch Ratings menaikkan government support dari bbb- menjadi bbb. Terakhir, Fitch Ratings juga menaikkan peringkat senior unsecured notes berdenominasi dolar Amerika Serikat dari 'BBB-'menjadi 'BBB'.

Lembaga yang berkantor Pusat di New York dan London tersebut menyebutkan ada tujuh indikator utama yang dimiliki BRI.

1. Dukungan Pemerintah.

Penilaian tersebut didasarkan pada kepentingan sistemik pemerintah terhadap BRI sebagai bank milik negara yang strategis karena merupakan bank komersial terbesar kedua di Indonesia. BRI pun memiliki peran utama sebagai bank UMKM.

2. Prospek lingkungan bisnis yang dinilai stabil.

Fitch Ratings menaikan sejumlah peringkat utang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News