Perkarakan Malaysia, Siapkan Pengacara

Ingkari Janji Mengirim Pernyataan Tertulis

Perkarakan Malaysia, Siapkan Pengacara
Foto: Andri Ginting/Sumut Pos/JPNN
JAKARTA - Pemerintah semakin dibuat geregetan dengan sikap Malaysia. Negeri jiran itu ternyata sampai saat ini tidak kunjung mengirim penjelasan tertulis terkait polemik klaim dua tarian asal Sumatera Utara. Untuk jaga-jaga, pemerintah menyiapkan pengacara guna memperkarakan Malaysia.

Keterangan tegas ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti kemarin (21/6). Guru besar UGM itu mengatakan, pemerintah Malaysia sudah mengingkari janjinya bahwa akan mengirim surat penjelasan tertulis ke Indonesia. Sebelumnya Malaysia berjanji mengirim keterangan tertulis Rabu lalu (20/6).

Perempuan kelahiran Jogjakarta 15 Mei 1959 itu mengatakan, pemerintah Malaysia tidak boleh main-main terkait kebijakan luar negeri Indonesia. "Dua hari ini boleh terlambat. Tapi besok (hari ini, red) kita tagih secara tegas," ucapnya.

Wiendu menuturkan, siang ini sekitar pukul 14.00 WIB pihaknya menggelar rapat mendadak khusus soal klaim Malaysia terhadap tarian Tor Tor dan Gordang Sambilan. Rapat ini diantaranya juga akan diikuti oleh pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sebelumnya, rapat seperti ini sudah dijalankan tetapi hasilnya memberikan kesempatan kepada Malaysia untuk mengirim penjelasan tertulis.

JAKARTA - Pemerintah semakin dibuat geregetan dengan sikap Malaysia. Negeri jiran itu ternyata sampai saat ini tidak kunjung mengirim penjelasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News