Perkokoh Terus Konsep Islam Moderat

Perkokoh Terus Konsep Islam Moderat
Perkokoh Terus Konsep Islam Moderat
JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi menyatakan perlunya umat Islam di Indonesia menerapkan konsep dan pemahaman Islam yang moderat dengan menghargai semua umat beragama. Menurutnya, sikap moderat akan menghindarkan umat Islam dari konflik di internal umat Islam sendiri maupun dengan umat agama lain.

“Jika pemahaman Islam yang moderat atau lebih sering disebut moderasi Islam dipakai, gesekan maupun konflik tidak akan terjadi. Karena itu, konsep Islam yang moderat harus lebih kokoh menghujam di bumi Indonesia,” kata Zainul Majdi, di sela-sela pertemuan Multaqa Nasional II dan Seminar Internasional Tentang Moderasi Islam yang diselenggarakan alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, di Jakarta, Sabtu (7/7).

Menurutnya, kokohnya pemahaman tentang Islam moderat akan berimbas pada perilaku umat yang menjunjung tinggi perbedaan dan toleransi. “Inilah yang dibutuhkan umat saat ini di tengah perubahan sosial yang terjadi,” ujarnya.

Selaku alumni dan panitia Multaqa Nasional II dan Seminar Internasional Tentang Moderasi Islam, Zainul mengungkapkan, hasil penelitian alumni Al Azhar yang tersebar di seluruh tanah air mengindikasikan bahwa pemahaman dan implementasi Islam yang kurang moderat menyebabkan munculnya benih-benih konflik. Karena itu, alumni Al Azhar menegaskan perlunya pemahaman dan implementasi lebih jauh mengenai moderasi Islam.

JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi menyatakan perlunya umat Islam di Indonesia menerapkan konsep dan pemahaman Islam yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News