Perlombaan Senjata Dimulai, Korsel Kembangkan Rudal Canggih, Siap Meluncur 2022

Perlombaan Senjata Dimulai, Korsel Kembangkan Rudal Canggih, Siap Meluncur 2022
Kapal selam buatan Korsel yang memperkuat persenjataan TNI AL dan diberi nama KRI Ardadedali-404 senang ditambatkan di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA/Zabur Karuru

jpnn.com, SEOUL - Korea Selatan tengah menyiapkan rudal balistik kapal selam (SLBM) baru buatan lokal yang ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2022.

"Beberapa rangkaian pengujian akan dilakukan untuk memastikan kemampuan rudal. Setelah merampungkan pengembangannya pada awal tahun depan, kami akan mulai produksi massal pada 2022," demikian keterangan dari pemerintah Korsel yang dikutip Yonhap secara anonim, Senin (20/9).

Senjata yang dapat diluncurkan dari kapal selam tersebut disiapkan dapat beroperasi mulai semester dua.

SLBM, dinilai sebagai varian dari rudal balistik Hyunmoo-2B asal Korsel, mampu menjangkau jarak maksimal sejauh 800 kilometer.

Pada pekan lalu, Korsel memamerkan SLBM buatan lokal pertamanya melalui pengumuman atas keberhasilan peluncuran rudal balistik dari kapal selam pertama kelas 3.000 ton, Dosan Ahn Chang-ho.

Kapal selam kelas menengah yang diterima oleh Angkatan Laut Korsel pada Agustus 2021 itu telah dilengkapi enam tabung peluncur rudal vertikal.

Saat uji bawah air, rudal SLBM terbang melesat sejauh 400 kilometer sebelum akhirnya mengenai target.

Menurut laporan itu, rudal akan mengusung hulu ledak konvensional karena Korsel dilarang menggunakan nuklir. (ant/dil/jpnn)

Perlombaan senjata di Asia-Pasifik telah dimulai, setelah Australia dengan kapal selam nuklirnya, kini giliran Korsel terungkap tengah mengembangkan senjata baru

Sumber Antara