Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, 76 Orang Dikarantina

Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, 76 Orang Dikarantina
Ilustrasi Corona. Foto: Radar Solo

jpnn.com, NANGA BULIK - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mengevakuasi 76 orang yang pernah kontak erat dengan tujuh pasien positif COVID-19 baru ke mess desa untuk dilakukan karantina.

Puluhan orang kontak erat positif COVID-19 tersebut merupakan hasil dari penelusuran yang dilakukan oleh gugus tugas, sembari menunggu untuk dilakukan pengambilan swab terhadap mereka, kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 Kabupaten Lamandau, Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Minggu.

"Tadi malam telah direlokasi sekitar 76 orang yang pernah kontak dengan tujuh pasien positif baru yang merupakan pekerja di salah satu PBS, sambil menunggu tes swab selanjutnya saudara-saudara kita tersebut dikarantina di mess desa terlebih dahulu," ujarnya.

Hendra juga menyampaikan, tim surveilans COVID-19 Kabupaten Lamandau terus berupaya melakukan pendataan terhadap warga yang pernah melakukan perjalanan dari wilayah endemi COVID-19.

Surveilans tersebut merupakan bagian dari mitigasi risiko yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease atau COVID-19.

Mitigasi risiko tersebut diharapkan menjadi bagian dari upaya preventif terhadap penyebaran wabah COVID-19 di Bumi Bahaum Bakuba, julukan Kabupaten Lamandau.

"Bila ada yang terlewat dalam survei dan pendataan yang dilakukan agar masyarakat dengan kesadaran diri melaporkan kepada petugas desa dan kelurahan setempat," harapnya.

Hendra Lesmana yang juga Bupati Lamandau itu mengungkapkan, bahwa hingga hari ini di Kabupaten Lamandau ada 32 orang dengan status Orang Dengan Risiko (ODR), Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 36 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1 orang, dengan jumlah positif COVID-19 sebanyak 11 orang dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mengevakuasi 76 orang yang pernah kontak erat dengan tujuh pasien positif COVID-19 baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News