Perompak Takluk Dalam 10 Menit

Jika Pasukan Khusus TNI Diizinkan Lakukan Pembebasan

Perompak Takluk Dalam 10 Menit
Perompak Takluk Dalam 10 Menit
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berpikir seribu kali merespons lampu hijau Somalia yang mengizinkan militer RI untuk membebaskan 20 awak kapal MV Sinar Kudus. Padahal, jika opsi pembebasan sandera yang diambil, pasukan khusus TNI cukup membutuhkan waktu 10 menit untuk beraksi.

"Anak-anak itu terlatih. Sangat terlatih, saya kira cukup sepuluh sampai 15 menit saja," ujar mantan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana (pur) Slamet Soebijanto di Jakarta kemarin (13/04). Alumni AAL 1973 itu menyebut Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL memiliki kemampuan yang sangat baik untuk operasi laut.

   

"Sebenarnya yang dibutuhkan itu ketegasan pemerintah. Kalau ditanya apakah TNI siap, saya bisa jamin pasti 100 persen ready," kata mantan KSAL yang menjabat di era 2005-2007 ini.

Denjaka adalah prajurit pilihan TNI AL. Untuk menjadi anggota Denjaka, seorang prajurit harus berkualifikasi intai amphibi terlebih dulu. Denjaka berada dalam alur komando Korps Marinir.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia berpikir seribu kali merespons lampu hijau Somalia yang mengizinkan militer RI untuk membebaskan 20 awak kapal MV

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News