Pertahankan WTP, Mendagri Makin Galak ke Anak Buahnya

Pertahankan WTP, Mendagri Makin Galak ke Anak Buahnya
Pertahankan WTP, Mendagri Makin Galak ke Anak Buahnya
JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, kementrian dalam negeri (kemendagri) mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2010 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tahun lalu, kementrian yang dipimpin Gamawan Fauzi itu hanya mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Bahkan, dalam empat tahun sebelumnya selalu mendapat opini jeblok, yakni disclaimer. Sekjen Kemendagri, Diah Anggraeni menjelaskan, begitu Gamawan Fauzi menduduki jabatan mendagri, langsung melakukan penataan pengelolaan keuangan di kemendagri.

"Beliau punya komitmen tinggi, kita semua kerja keras untuk meningkatkan opini itu. Dalam enam bulan, dari disclaimer selama empat tahun, menjadi WDP. Dan sekarang WTP," ujar Diah Anggraeni kepada wartawan di gedung kemendagri, Rabu (8/6).

Dijelaskan Diah, bukan hal gampang mendapat opini WTP. Alasannya, anggaran untuk kemendagri mencapai Rp13,589 triliun, yang tersebar di 951 satker, yang 935 diantaranya ada di daerah.

JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, kementrian dalam negeri (kemendagri) mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News