Pertamina Luncurkan XScouts, Pemicu Pertumbuhan Start Up Energi di Indonesia

Pertamina Luncurkan XScouts, Pemicu Pertumbuhan Start Up Energi di Indonesia
Ilustrasi Panel Surya: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjadi katalis pengembangan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan dan petrokimia.

Hal ini dilakukan karena BUMN pelat merah itu satu-satunya perusahaan energi yang terintegrasi di Indonesia.

Pertamina mewujudkannya dengan mendorong inovasi energi dan berkolaborasi dengan para inovator melalui usaha rintisannya (start up).

Hal itu untuk menciptakan nilai tambah dari inovasinya.

Direktur Strategi, Portfolio dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Iman Rachman menegaskan keterbukaan inovasi (open innovation) menjadi salah satu kunci sukses (key success factor) Pertamina untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis di tengah tantangan transisi energi.

“Pertamina senantiasa melakukan kolaborasi dan inovasi untuk melahirkan gagasan-gagasan cemerlang untuk membangun ketahanan energi nasional berbasis energi bersih. Komitmen kami sangat kuat dalam hal ini,” jelas Iman.

Pertamina menyelenggarakan Pertamina XScouts Program sebagai platform Open Innovation yang dapat diikuti oleh start up yang memiliki inovasi energi yang relevan.

“Pertamina XScouts adalah platform bagi para start up untuk berkolaborasi dengan Pertamina dan bersama-sama mengembangkan bisnis khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan dan petrokimia. Terdapat dua channel untuk program XScouts yaitu Partnership dan Growth,” imbuh Iman.

PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjadi katalis pengembangan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan dan petrokimia.