Pertanian Bikin Jatim Memimpin

Pertanian Bikin Jatim Memimpin
Pertanian Bikin Jatim Memimpin
SURABAYA--Jawa Timur mempertahankan prestasi sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pertumbuhan ekonomi Jatim pada kuartal I/2013 mencapai 1,82 persen. Angka itu lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat 1,41 persen.

 Dalam periode Januari hingga Maret 2013, sektor pertanian menjadi mesin utama pertumbuhan.

"Hanya sektor pertanian yang mencatat kinerja positif. Itu disebabkan panen raya padi dan jagung," jelas Kepala BPS Jatim Irlan Indrocahyo di Surabaya, Senin (6/5).

Pada kuartal pertama ini, sektor pertanian tumbuh 52,12 persen dan memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Jatim, yakni 5,59 persen. Sementara itu, sektor lain mengalami pertumbuhan negatif. "Banyak kendala seperti kenaikan UMK (upah minimum kota/kabupaten) dan listrik serta terbatasnya bahan baku yang membuat sektor lain mengalami kontraksi," ujarnya.

Sektor yang mengalami penurunan terbesar adalah pertambangan dan penggalian yang tercatat 9,59 persen. Diikuti sektor jasa-jasa yang merosot 9,59 persen dan konstruksi 5,07 persen.

SURABAYA--Jawa Timur mempertahankan prestasi sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News