Pertemuan Airlangga-Surya untuk Kepentingan Politik Kebangsaan

Pertemuan Airlangga-Surya untuk Kepentingan Politik Kebangsaan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertemu di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/1/2023). Foto: Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menggelar pertemuan meski berada dalam poros koalisi yang berbeda.

Partai Golkar dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), sedangkan Partai Nasdem berada di Koalisi Perubahan.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menilai pertemuan tersebut hanya sebatas untuk menjalin silaturahmi.

“Silaturahmi itu menurut saya hanya untuk 'say hello' saja, hanya untuk mencairkan kebekuan komunikasi politik agar tidak kaku dan stagnan,” tegas Surokim, Rabu (1/2).

Menurut Surokim, peluang kerja sama antarkeduanya terbuka lebar pada sisi penguatan politik kebangsaan.

Golkar dan Nasdem sama-sama mempunyai kekuatan politik besar di kancah perpolitikan Indonesia.

"Peluang itu bisa saja terjadi minimal untuk menguatkan politik kebangsaan sebagai parpol nasionalis. Sebagai kekuatan politik nasional, silaturahmi itu penting agar bisa menyamakan visi-visi besar kebangsaannya," ujarnya.

Selain itu, kata Surokim, kedua partai juga mempunyai latar yang sama yakni berada dalam pemerintahan. Hal itu akan membuat komunikasi keduanya akan lebih mudah.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menggelar pertemuan meski berada dalam poros koalisi yang berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News