Pertumbuhan Ekonomi Kepri Stagnan, Gubernur Temui Menko Darmin

Pertumbuhan Ekonomi Kepri Stagnan, Gubernur Temui Menko Darmin
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menemui Menteri Perekonomian, Darmin Nasution. foto:humas pemprov kepri for batampos/jpg

jpnn.com - JAKARTA - Usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Gubernur Kepri Nurdin Basirun langsung menemui Menteri Perekonomian, Darmin Nasution di kantornya, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Selasa (28/6) lalu.

Nurdin Basirun ingin berkoordinasi se-intens mungkin dengan pemerintah pusat untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian Kepri yang dinilai selama ini kurang bergairah atau cenderung stagnan. 

Menurut Nurdin akan sangat disayangkan jika begitu banyak potensi ekonomi yang ada di Kepri, belum bisa dikelola secara maksimal. Ditambah lagi, persaingan dari negara lain seperti Malaysia dan Singapura semakin kompetitif dari waktu ke waktu. 

Oleh sebab itu, Nurdin menilai perlu adanya campur tangan pemerintah pusat, terutama dalam hal regulasi, sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan perekonomian di daerah dan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Investasi di Batam, Bintan dan Karimun selama ini menurut saya masih stagnan. Makanya saya meminta dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Menterian Perekonomian untuk mencarikan solusi melalui sebuah kebijakan yang bisa mempercepat pertumbuhan investasi di tiga wilayah ini,” ujar Nurdin usai bertemu Darmin Nasution seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Menurut Nurdin, apapun bentuk kebijakan Pemerintah Pusat, yang penting ekselarasi pertumbuhan perekonomian Kepri bisa terpacu dan mampu menyaingi negara-negara lain yang menjadi pesaing.

“Kita lihat tadi Menteri sangat setuju sekali dengan berbagai usulan yang kita sampaikan. Dan apa yang kita minta ini memang tidak ada maksud lain, kecuali untuk ekselarasi pertumbuhan ekonomi bisa lebih cepat dan daerah-daerah yang stagnan itu bisa kita dorong. Sehingga kesejahteraan bisa merata secara perlahan di Kepri,” tegas Nurdin.

Masih kata Nurdin, Menteri Perekonomian Darmin Nasution bersedia berkunjung ke Batam guna menindaklanjuti pertemuan ini. Pada kesempatan ini, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun tidak sendiri saat menemui Menteri Perekonomian.

JAKARTA - Usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Gubernur Kepri Nurdin Basirun langsung menemui Menteri Perekonomian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News