Perusahaan yang Tak Berkomitmen Atasi Limbah Produknya Harus Disanksi

Perusahaan yang Tak Berkomitmen Atasi Limbah Produknya Harus Disanksi
Direktur Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 Kementerian LHK Dr. Novrizal Tahar saat berbicara dalam takshow bertema “Solutions to Plastic Pollution” yang diselenggarakan ILUNI UI di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kampus Depok, Sabtu (3/6/2023). Foto: Dok. KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 Kementerian LHK Dr. Novrizal Tahar meminta publik mengingatkan perusahaan yang tidak berkomitmen mengatasi produk yang dihasilkan khususnya menyangkut sampah.

Hal ini agar mereka patuh demi pengurangan sampah termasuk sampah plastik yang dihasilkan mereka.

"Jika perlu masyarakat mengambil langkah tegas dengan tidak membeli produk-produk dari produsen yang tak punya komitmen tersebut. Masyarakat dapat mengampanyekan ini sebagai bagian dari tanggung jawab masyarakat terhadap program pemerintah dalam pengurangan sampah khususnya sampah plastik," tegas Novrizal Tahar.

Novrizal Tahar mengemukakan hal itu ketika menjadi salah satu pembicara dalam takshow bertema “Solutions to Plastic Pollution” yang diselenggarakan ILUNI UI di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kampus Depok, Sabtu (3/6/2023).

Hadir juga sebagai narasumber adalah Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dan dosen yang juga peneliti BRIN Sri Wahyono.

Ketua Pelaksana Iwan Budisantoso dari ILUNI UI menjelaskan tentang talkshow dan pameran produks inovasi bertema “Innovation Product As Slution for Plastic Pollution” serta lomba konsep inovasi produk yang cukup singkat persiapannya.

Begitu juga Ketua Collaborative Action Center IUNI UI dr. Dewi Elina menjelaskan acara yang merupakan bagian dari program ILUNI UI.

Direktur Direktorat Karier Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia (DKPHA UI) Ahmad Syafiq, Ph.D saat membuka secara resmi talkshow itu mengatakan UI sangat mendukung tema takshow ini mengingat sangat terkait dengan ekosistem tempat tinggal kita.

Direktur Pengelolaan Sampah Ditjen PSLB3 KLHK Novrizal Tahar meminta publik mengingatkan perusahaan yang tidak mengatasi produk yang dihasilnya yaitu sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News