Perwira Tertua Pimpin Prosesi Naik Pangkat, Ada Prajurit Disiram Air, Ada Apa?

Perwira Tertua Pimpin Prosesi Naik Pangkat, Ada Prajurit Disiram Air, Ada Apa?
Panglima Komando Lintas Laut (Pangkolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto saat menerima laporan korps kenaikan pangkat personel Kolinlamil di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Komando Lintas Laut (Pangkolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto secara resmi menerima laporan korps kenaikan pangkat personel Kolinlamil. Hal tersebut berlangsung dalam upacara di Lapangan M. Silam, Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/4).

Laporan kenaikan pangkat ini dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Kadiskomlek) Kolinlamil Kolonel Laut (E) Setiawan Bernadi, yang menjadi perwira tertua yang naik pangkat menjadi Kolonel.

BACA JUGA: 78 Pati TNI AL Mengikuti Tradisi Wisuda Purna Wira

Kolinlamil per tanggal 1 April 2019 memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Mereka terdiri dari 7 orang perwira, 90 Bintara dan 99 Tamtama.

Pangkolinlamil dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat merupakan wujud kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI AL kepada para personel yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas terhadap organisasi TNI AL.

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat perubahannya sangat berpengaruh dalam pengembangan profesionalisme dan karier, yang menuntut kesiapan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas secara optimal,” lanjutnya.

Pangkolinlamil mengharapkan kepada seluruh perwira agar tetap memacu diri dengan menambah ilmu pengetahuan, baik di dalam, maupun di luar lingkup keangkatanlautan serta selalu meningkatkan kinerja, kualitas keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jiwa keprajuritan.

Dalam kesempatan kenaikan pangkat ini dilaksanakan prosesi tradisi “voor de boeg” atau upacara di haluan dengan menyiram air ini merupakan ciri khas bagi prajurit yang naik pangkat dari Kelasi ke Kopral menggunakan tenue PDU I.(fri/jpnn)


Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto secara resmi menerima laporan korps kenaikan pangkat personel Kolinlamil dalam upacara di Lapangan M. Silam, Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/4).


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News