Pesan Agustiar Sabran untuk Insan Pers, Singgung soal Keseimbangan Negara

Pesan Agustiar Sabran untuk Insan Pers, Singgung soal Keseimbangan Negara
Agustiar Sabran. Foto: dokpri - source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Agustiar Sabran mengatakan insan pers saat ini memikul beban berat di tengah era kemajuan informasi.

"Pers memiliki peran krusial di era ini," kata Agustiar menyikapi peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis 9 Februari.

Anggota Komisi III DPR RI itu pun mengajak masyarakat ikut mendukung jurnalisme sehat dan berkualitas demi kemajuan pers nasional.

"Di tengah banjir bandang informasi, terutama media sosial, pers nasional harus makin menguatkan posisinya sebagai clearing house agar publik tidak terombang-ambing oleh desas-desus dan hoaks," ujarnya.

"Jurnalisme sehat dan bermutu sangat diperlukan menghadapi tahun politik. Publik harus diajak berpikir kritis. Pers nasional harus memperkuat dan menyehatkan demokrasi,” imbuh Agustiar.

Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng itu juga mengajak seluruh insan pers terus menanamkan nilai-nilai jurnalisme.

"Semoga insan pers selalu menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers," kata Agustiar.

Dia juga berharap pers menjadi garda terdepan membangkitkan kearifan lokal yang mulai tergerus digitalisasi dan globalisasi.

Agustiar Sabran mengajak masyarakat ikut mendukung jurnalisme sehat dan berkualitas demi kemajuan pers nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News