Pesan Habib Aboe di HUT ke-74 Polri: Jangan Menegakkan Hukum karena Pesanan

Pesan Habib Aboe di HUT ke-74 Polri: Jangan Menegakkan Hukum karena Pesanan
Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy dalam pertemuan dengan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Jumat (26/5). Foto: Biro Pemberitaan DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy mengucapkan selamat HUT ke-74 Polri. Dia mengucap terima kasih atas kinerja Polri selama ini, baik itu dalam rangka menjaga ketertiban masyarakat, menghadirkan keamanan, maupun dalam proses penegakan hukum.

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu menjelaskan, Komisi III sebagai mitra kerja Polri selama ini sudah memberikan dukungan anggaran dengan sangat baik. Untuk tahun ini anggaran Polri lebih dari Rp 104 triliun.

“Ini adalah anggaran terbesar ketiga dari satuan kerja di republik ini. Tentunya dukungan anggaran ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan harus dioptimalisasi untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” kata Habib Aboe, Selasa (30/6).

Aboe berharap Polri makin profesional, semua langkah yang dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Setiap kerja yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur tetap (protap) atau standar operasional prosedur (SOP) yang dimiliki.

Ia berpesan Polri harus selalu menjaga independensinya. Artinya, Polri bekerja atas jati dirinya bukan karena pengaruh pihak lain. Di sini juga berarti Polri harus menjaga netralitasnya.

“Dalam menjalankan tugas Polri tidak boleh berpihak kepala kelompok tertentu atau pihak tertentu,” tegasnya.

Lebih lanjut Aboe mengatakan menjelang Pilkada Serentak 2020, independensi Polri tentunya menjadi salah satu tantangan tersendiri. Bagaimana mereka menjaga netralitas di tengah percaturan politik akan menjadi penilaian masyarakat. Sikap netral dan independen dalam pilkada harus diteguhkan selalu kepada para personel Polri.

Aboe menambahkan, dalam penegakan hukum apa yang dilakukan Polri harus benar-benar semata-mata untuk projustitia.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy mengucapkan selamat HUT ke-74 Polri. Dia mengucap terima kasih atas kinerja Polri selama ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News