Pesan KPAI Kepada Orang Tua Saat Perayaan Malam Pergantian Tahun

Pesan KPAI Kepada Orang Tua Saat Perayaan Malam Pergantian Tahun
KPAI

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengingatkan para orang tua agar memantau dan mengawasi anak-anak mereka saat perayaan tahun baru 2020.

Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengatakan para orang tua harus memastikan interaksi anak dengan siapa dan di mana. Sebab, anak yang bepergian sendirian dalam pergantian tahun baru sangat rawan dari aksi-aksi kejahatan.

“Bisa juga terpisah dari orang tua dari kerumunan massa yang bergabung dalam perayaan tersebut. Oleh sebab itu diharapkan orang tua bisa mendampingi mereka sehingga tetap terlindungi, aman dan nyaman,” ucap Jasra kepada jpnn.com, Senin (30/12).

Menurut Jasra, sebagian anak-anak saat ini suka bepergian bersama teman-temannya tanpa didampingi orang dewasa. Bahkan mereka pergi tanpa sepengetahuan orang tua. Tak heran sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa anak saat perayaan tahun baru.

Maka dari itu, KPAI meminta agar masyarakat yang merayakan pergantian tahun baru untuk memberikan perhatian, perlindungan bersama dan peduli kepada hal-hal yang bisa membahayakan anak.

Oleh karena itu, baik pemerintah, pihak keamanan, termasuk masyarakat harus bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Termasuk mewaspadai aksi kejahatan dengan modus dan model beragam yang membahayakan anak.

“Komitmen kita dalam perlindungan anak oleh semua pihak pada pergantian tahun baru adalah bentuk nyata keberpihakan kepentingan terbaik untuk anak.

Hal yang membahayakan menurut Jasra, kebiasaan masyarakat menyalakan kembang api yang puncaknya berlangsung saat malam pergantian tahun. Termasuk anak-anak. Untuk yang satu ini, Jasra mewanti-wanti para orang tua.

Jasra Putra mengatakan para orang tua harus memastikan interaksi anak dengan siapa dan di mana saat malam pergantian tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News