Petugas Damkar Jakbar Sering Diancam Golok

Petugas Damkar Jakbar Sering Diancam Golok
Petugas Damkar Jakbar Sering Diancam Golok
PEMADAM Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana (PB) Jakarta Barat menyatakan siaga satu terhadap kemungkinan banjir siklus lima tahunan serta pemadaman kebakaran. Untuk itu, kegiatan mengantisipasi bencana tersebut gencar dilakukan. Termasuk mengantisipasi tantangan dalam tugas di lapangan.

Kasudin Damkar dan PB Jakarta Barat Endang Chaerudin mengungkapkan, untuk mengantisipasi musibah kebakaran, pihaknya menempuh berbagai upaya. Antara lain, melakukan gladi rencana operasi daerah padat hunian, penyuluhan kepada masyarakat serta memberikan sarana pemadam kebakaran kepada masyarakat seperti tabung pemadam api, motor pompa dan alarm.

Masyarakat perlu diberi penyuluhan karena petugas sering menghadapi kendala saat tugas pemadaman di areal padat hunian. Jangankan untuk memadamkan api, selang pemadam biasanya direbut oleh warga. "Namanya warga panik, yang disemprot tidak tepat sasaran. Kami tidak bisa berbuat banyak karena dihadang golok," pungkasnya.

Dijelaskannya pula, pada 2011, jumlah total kebakaran ada 156 kasus, sementara pada 2010 mencapai 166 kasus. "Artinya dalam periode yang sama, peristiwa kebakaran tahun 2011 mengalami penurunan hingga mencapai 10 kasus dibanding tahun 2010," ungkap Endang.

PEMADAM Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana (PB) Jakarta Barat menyatakan siaga satu terhadap kemungkinan banjir siklus lima tahunan serta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News