Piala AFC U-16: Indonesia Harus Waspada Menghadapi Vietnam

Piala AFC U-16: Indonesia Harus Waspada Menghadapi Vietnam
Suporter Timnas Indonesia U-23. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Vietnam pada lanjutan grup C Piala AFC U-16 di Bukit Jalil National Stadium, Malaysia, Senin (24/9) malam.

Menurut Pelatih Timnas Indonesia Fakhri Husaini, laga ini ibarat latihan bersama karena sudah saling memahami kekuatan satu sama lain.

Kekuatan dan kelemahan masing-masing tim menurut Fakhri sudah terekam jelas. Pasalnya, baik Indonesia dan Vietnam sudah sangat sering berjumpa. Pada 2017 ada turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017, turnamen Jenesys di Jepang pada 2018, dan terakhir di Piala AFF U-16 2018.

“Ya, bagi kami sudah sering jumpa ya. Sudah sama-sama tahu, mental dan kesabaran di lapangan nanti yang akan menentukan. Karena sudah sering ketemu ini, ya pemain tak boleh terbebani, harus dianggap seperti latihan bersama saja. Kami harus bisa bermain baik di laga ini dan meraih hasil baik," ungkap pelatih berkumis tersebut saat dihubungi Sabtu (23/9).

Menurut Fakhri, motivasi bangkit pemain Vietnam harus bisa diantisipasi. Dia tak mau permainan dan mental skuat Garuda Nusantara menurun setelah meraih kemenangan saat lawan Iran di laga perdana.

“Kami lihat gaya main Vietnam enggak berubah,” terangnya.

Indonesia sendiri sering meraih hasil baik saat jumpa Vietnam terutama di dua tahun belakangan di beberapa turnamen resmi. Di Tien Phong Plastic Cup 2017 lalu, Indonesia ditahan imbang Vietnam.

Namun, di Jenesys dan AFF U-16, skuat Garuda Nusantara lebih unggul dan mampu memenangani pertandingan. Meski demikian, Fakhri meminta pemainnya tak terlena dengan catatan itu dan berfokus untuk memberikan yang terbaik.

Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Vietnam pada lanjutan grup C Piala AFC U-16 di Bukit Jalil National Stadium, Malaysia, Senin (24/9) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News