Pilih Jadi Warga Malaysia

Pilih Jadi Warga Malaysia
Pilih Jadi Warga Malaysia
NUNUKAN- Banyaknya warga perbatasan dengan Malaysia yang berpindah kewarganegaraan ternyata bukan isapan jempol. Meski belum ada data jumlah resminya, namun menurut Mazlan, tokoh pemuda dan aktivis mahasiswa di Sebatik itu menyatakan bahwa eksodus ke Malaysia bukanlah isapan jempol. "Pertukaran kewarganegaraan itu bukan isapan jempol. Kalau negara tidak bisa mengatasi, makin banyak warga perbatasan yang pindah warga negara malaysia," kata Malzlan.

Pemuda asal Sebatik yang pernah dipercaya sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UB Tarakan ini juga menegaskan tidak hanya Sebatik, baik Krayan maupun daerah lain yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia jika tidak segera diperhatikan bukan tidak mungkin akan menjadi budak-budak yang dimanjakan oleh Malaysia minus pendidikan yang memadai.

Apalagi diakui, saat ini warga yang menghuni perbatasan sudah diracuni hingga terkontaminasi politik materialistis yang menuntut para pemegang kepentingan bergerak cepat mengatasi hal ini, salah satunya adalah pembentukan Kaltara maupun keinginan warga tempat ia dilahirkan agar Sebatik menjadi Kotamadya.

“Yang kita butuhkan sekarang adalah perbaikan perbatasan, percepatan Kaltara adalah solusi, termasuk Sebatik sebagai Kotamadya pun bisa menjadi solusi yang dinanti warga perbatasan,” tegas pria yang tinggal di Sei Pancang, Sebatik Induk ini.

NUNUKAN- Banyaknya warga perbatasan dengan Malaysia yang berpindah kewarganegaraan ternyata bukan isapan jempol. Meski belum ada data jumlah resminya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News