Pimpin General Debate di IPU, Puan Maharani Bicara Soal Pemerataan Vaksin

Pimpin General Debate di IPU, Puan Maharani Bicara Soal Pemerataan Vaksin
Ketua DPR RI Puan Maharani saat bertemu petinggi dari berbagai negara di IFEMA Palacio Municipal, Madrid, Spanyol, Sabtu (27/11).

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin sesi kedua debat umum dalam Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 yang digelar di IFEMA Palacio Municipal, Madrid, Spanyol, Sabtu (27/11).

Sejumlah isu dibahas oleh Puan, seperti pemerataan vaksin Covid-19 hingga peran parlemen dalam penanganan pandemi.

Sebelum Puan, general debate dipimpin oleh tuan rumah, President Congress of Deputies (Parlemen) Spanyol Mrs. Meritxell Batet.

Sebanyak 122 dengan 45 pimpinan parlemen hadir dalam forum organisasi parlemen dunia tersebut.

Banyak negara menganggap bahwa isu itu relevan terutama pada masa pandemi, dan parlemen harus berperan dalam menjaga demokrasi.

Menurut dia, hampir dua tahun pandemi Covid-19 membuat seluruh negara harus menghadapi krisis kesehatan dan sosial ekonomi global.

"Puluhan juta orang berisiko jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem,” kata Puan yang berbicara dengan Bahasa Inggris di hadapan forum bertajuk‘Contemporary challenges to democracy: Overcoming division and building community’.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menambahkan, jumlah orang kurang gizi diprediksi akan meroket lebih dari 800 juta orang tahun depan.

Meski begitu, kata Puan, vaksin Covid-19 saat ini masih belum merata.

“Oleh karena itu, kita harus bekerja sama untuk mencapai kesetaraan vaksin untuk semua orang dan di mana saja,” ujarnya.

Ketua DPR RI Puan Maharani membahas sejumlah isu seperti pemerataan vaksin Covid-19 hingga peran parlemen dalam penanganan pandemi dalam debat umum dalam Inter Parliamentary Union (IPU).