Pimpin Pertemuan IMT-GT, Jokowi Sampaikan Tiga Poin Penting

Pimpin Pertemuan IMT-GT, Jokowi Sampaikan Tiga Poin Penting
Presiden Jokowi pimpin pertemuan IMT-GT di sela-sela hari kedua KTT ke-34 ASEAN, di Grand Hall Hotel Athenee, Bangkok, Thailand, Minggu (23/6). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, BANGKOK - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin pertemuan ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di sela-sela hari kedua KTT ke-34 ASEAN, di Grand Hall Hotel Athenee, Bangkok, Thailand pada Minggu (23/6).

Forum itu juga dihadiri 2Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad, PM Thailand Prayut Chan-o-cha, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, dan Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Akano.

Di awal sambutannya, Jokowi menyampaikan dalam usianya yang ke-26, IMT-GT dapat dikatakan sebagai kerja sama segi tiga emas meliputi 83 juta penduduk di tiga negara, 14 provinsi di Thailand, 8 negara bagian di Malaysia, dan 10 provisi di Indonesia.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Adian Lebih Cocok di Parlemen Ketimbang jadi Eksekutif

"Kerja sama IMT-GT telah banyak berkontribusi dalam membangun perekonomian sub-kawasan, termasuk meningkatkan daya saing di daerah-daerah, meningkatkan konektivitas, serta meningkatkan nilai perdagangan, pariwisata, dan investasi," kata Presiden ketujuh RI itu.

Tantangan ke depan bagi IMT-GT menurut mantan gubernur DKI itu, tidak saja bagaimana mempertahankan capaian selama ini, namun juga memastikan agar pembangunan dapat dilakukan lebih sustainable dan tidak menghamburkan sumber daya.

"Selain itu dalam dinamika perekonomian global dan kawasan yang penuh dengan ketidakpastian, penting bagi kerja sama IMT-GT untuk terus meningkatkan sinergi dan kordinasi dalam kerja samanya," ujarnya.

Presiden kemudian menyampaikan tiga hal penting yang menjadi pandangan nasional RI dalam kerja sama tiga negara itu. Pertama, pengembangan dan penyelesaian proyek-proyek konektivitas fisik, sejalan dengan salah satu fokus implementasi IMT-GT Vision 2036.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin pertemuan ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di sela-sela hari kedua KTT ke-34 ASEAN, di Grand Hall Hotel Athenee, Bangkok, Thailand pada Minggu (23/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News