Pimpinan MPR Bertemu Para Tokoh Liga Muslim Sedunia

Pimpinan MPR Bertemu Para Tokoh Liga Muslim Sedunia
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Para Wakil Ketua MPR RI saat bertemu Sekjen World Muslim League (Rabithah Alam Islami), Prof. Dr. Muhammad bin Abdul Karim al-Issa. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Kunjungan delegasi MPR RI ke Arab Saudi membawa misi penting, antara lain usulan pembentukan forum Majelis Syura sedunia yang disampaikan Ketua MPR RI kepada Ketua Majelis Syura Arab Saudi. Selain itu, permohonan penambahan kuota haji dan penguatan Islam yang Moderat serta hubungan harmonis antar umat beragama.

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid yang mendampingi Ketua MPR RI selaku pimpinan rombongan, sangat senang karena Ketua Majlis Syura Saudi Arabia, bahkan Raja Salman bin Abdul Aziz, juga mendukungnya.

Pada saat bertemu Sekretaris Jenderal World Muslim League (Rabithah Alam Islami), Prof. Dr. Muhammad bin Abdul Karim al-Issa dibincangkan juga penguatan pemahaman Islam yang moderat dan berkontribusi bagi perdamaian dunia.

"Rabithah adalah lembaga yang menghimpun organisasi massa dan lembaga swadaya masyarakat Islam lintas negara, serta tokoh-tokoh Islam dari berbagai latar belakang mazhab apapun, baik yang minoritas maupun mayoritas," jelas Hidayat.

Pimpinan MPR RI menyampaikan apresiasi kepada Rabithah yang telah mendukung sikap keberagamaan yang moderat, toleran, terbuka dan saling menghormati perbedaan. Sesuai dengan ajaran Islam, Rabithah juga membimbing umat untuk menghindari sikap beragama yang menyebar kebencian, kekerasan, ekstremisme, dan intolerasi. Karena sebenarnya bila ditelusuri lebih dalam, semua gejala kekerasan di belahan dunia manapun bersumber dari ketidakadilan, bukan terinspirasi ajaran agama.

Tidak hanya ucapan dan imbauan, Sekjen Rabithah  bahkan sering berkunjung ke berbagai negara di dunia untuk menyampaikann pesan Islam yang damai dan moderat. Berdialog dan tatap muka, serta mengadakan seminar dengan beragam kelompok umat beragama di wilayah Asia (seperti Jepang), Afrika, Rusia dan Eropa, Amerika.

"Rabithah juga mendukung sikap beragama yang peduli dengan masalah kemanusiaan. Mengadakan program bantuan sosial bagi masyarakat yang sangat membutuhkan (seperti kelaparan di Afrika) atau pengembangan sumber daya manusia serta bantuan pendidikan. Semua kegiatan yang positif dan bermanfaat menjadi bukti Islam sebagai rahmatan lil alamin," ungkap Hidayat.

Sekjen Moslem World League menjelaskan tugas Rabithah untuk menyebarkan ajaran Islam yang benar berwajah damai dan siap bekerjasama dengan pihak manapun dari latar belakang agama/kepercayaan. Demi menghadirkan kemaslahatan umat manusia. Disamping itu, Rabithah juga mengoreksi salah paham terhadap Islam seperti sikap islamophobia, agar tidak memicu konflik.

Kunjungan delegasi MPR RI ke Arab Saudi membawa misi penting, antara lain usulan pembentukan forum Majelis Syura sedunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News