Pindah Pabrik, Toblerone Hilangkan Nuansa Swiss dari Kemasannya

Pindah Pabrik, Toblerone Hilangkan Nuansa Swiss dari Kemasannya
Cokelat Toblerone akan memiliki kemasan baru karena akan dibuat diluar Swiss. (AP: Alastair Grant)

Produsen cokelat Toblerone akan menghapus gambar gunung Matterhorn di Swiss yang terkenal dan bendera Swiss dari kemasannya.

Alasan yang diberikan produsen Toblerone, Mondelez International of Deerfield, adalah karena produksi produk cokelatnya akan dipindahkan ke Slovakia.

Senin (06/03) kemarin, mereka mengatakan sedang dalam proses mengadaptasi kemasan produk Toblerone agar tetap sesuai dengan aturan ketat di Swiss.

Ada sebuah undang-undang yang mewajibkan produsen makanan dan barang-barang di Swiss untuk memenuhi syarat "sangat Swiss",  yang dianggap sebagai sebuah standar kualitas oleh sebagian pihak.

"Desain ulang kemasannya memperkenalkan logo gunung yang dimodernisasi dan disederhanakan, tapi masih konsisten dengan estetika geometris dan segitiga," kata Livia Kolmitz, juru bicara dari Mondelez.

Bulan Juni lalu, mereka mengatakan alasan pemindahan produksi ke Bratislava, ibu kota Slovakia, karena upah dan biaya hidup jauh lebih rendah ketimbang di Swiss yang mahal.

Perubahan kemasan akan memengaruhi produk cokelat untuk ukuran 35 dan 50 gram, yang akan diproduksi di Slovakia.

Sementara untuk cokelat berukuran 100 gram masih akan diproduksi di Bern, ibu kota Swiss.

Bendera Swiss dan gambar gunung Matterhorn tidak akan lagi terlihat dalam kemasan cokelat Toblerone karena lokasi produksinya pindah ke negara lain

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News