Pipa Gas Semarang-Gresik Dibangun

Pipa Gas Semarang-Gresik Dibangun
Pipa Gas Semarang-Gresik Dibangun
JAKARTA -- PT Pertamina Gas (Pertagas) akan membangun pipa distribusi gas Semarang-Gresik sepanjang 256 kilometer. Pipa itu bakal menyalurkan gas dari terminal terapung (floating storage receiving terminal/FSRT) untuk industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Pipa itu dibangun paralel dengan FSRT. FSRT-nya kan belum ditentukan, apakah dibangun di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Tapi, nanti pipa itu connect dengan FSRT," ujar Direktur Utama Pertagas Suharyanto di sela acara IndoPipe 2010 kemarin. FSRT berkapasitas 450 juta MMSCFD (kaki kubik per hari) tersebut ditargetkan beroperasi pada 2012?2013.

Dia menyatakan belum mengetahui nilai investasi untuk membangun pipa itu. Sebab, rencana tersebut masih dipelajari. Dia perlu mengkaji berapa kebutuhan dan suplai gas ke wilayah Jawa. "Melalui kajian tersebut, akan diketahui berapa sesungguhnya kebutuhan gas dan kemampuan bayar konsumen di sana," kata dia.

Selain itu, perseroan harus memastikan kapan dan berapa produksi gas dari Blok Cepu agar dapat memasok FSRT tersebut. Namun, jika tidak bisa dipasok dari Blok Cepu, gas yang disuplai ke terminal gas terapung itu diperkirakan berbentuk LNG (liquefied natural gas). "Gas bisa didatangkan dari Cepu, bisa juga LNG (dari kilang Bontang, Red). Kalau nanti LNG, harga gasnya tinggi," terang dia.

JAKARTA -- PT Pertamina Gas (Pertagas) akan membangun pipa distribusi gas Semarang-Gresik sepanjang 256 kilometer. Pipa itu bakal menyalurkan gas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News