Rabu, 21 Agustus 2019 – 09:50 WIB

PKB Kenang 65 Tahun Resolusi Jihad NU

Sabtu, 23 Oktober 2010 – 08:25 WIB
PKB Kenang 65 Tahun Resolusi Jihad NU - JPNN.COM

JAKARTA - Banyak yang lupa bahwa kemarin (22/10) merupakan peringatan 65 tahun resolusi jihad Nahdlatul Ulama (NU) yang dikumandangkan KH Hasyim Asy"ari. Warga PKB di seluruh Indonesia kemarin memperingati dengan melakukan renungan.

Ketua Fraksi PKB DPR Marwan Ja"far mengatakan, resolusi jihad para kiai pada 1945 itu hingga saat ini masih menjadi inspirasi paling besar dalam gerakan kepemudaan NU maupun PKB. "Kami ingin mengembalikan lagi kekuatan ulama dan warga NU dalam menyelamatkan masa depan bangsa," kata Marwan kemarin (22/10).

Tentu saja, jihad yang harus dilakukan pada zaman kemerdekaan berbeda dengan saat ini. Sebab, lawan yang dihadapi bangsa saat ini juga berbeda. PKB akan mengajak para pemikir NU untuk merumuskan lagi resolusi jihad yang sesuai dengan kondisi kekinian.

Pada resolusi jihad 22 Oktober 1945, para ulama dari Jawa dan Madura membuat resolusi yang menyatakan perang kemerdekaan sebagai perang suci alias jihad. Setelah itu, ribuan kiai dan anak muda NU bergabung dengan pejuang lainnya di Surabaya dan meletuslah perang sengit melawan pasukan Inggris pada 10 November 1945.

Menurut Marwan, warga PKB mengenang 65 tahun resolusi jihad sehingga peran dan pengaruh ulama dalam sejarah kemerdekaan bangsa bisa terus menginspirasi seluruh kader PKB. "Zaman memang sudah berbeda. Tetapi, semangatnya harus terus dipertahankan hingga kapan pun," tegas ketua DPP PKB itu. (tom/c6/agm)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar