PKS Enggan Garap Konfederasi Partai

Anggap Barnas di Malaysia Tak Bisa Jadi Model

PKS Enggan Garap Konfederasi Partai
PKS Enggan Garap Konfederasi Partai
JAKARTA -Sejumlah partai berasas atau berbasis massa Islam yang kini menghuni parlemen, seperti PAN, PPP, dan PKB, tengah fokus berjuang membangun konfederasi. Mereka berusaha menggandeng partai-partai gurem yang sevisi untuk menghadapi Pemilu 2014.

 

Namun, tren tersebut rupanya tidak diikuti PKS yang menguasai 57 kursi DPR. "Kami lebih fokus pengembangan jaringan supaya survive," kata Sekjen DPP PKS Anis Matta di Jakarta, Senin (6/12).

Anis mengakui ide konfederasi memang menarik. Sejumlah partai politik menggabungkan kekuatannya untuk bersama-sama meraih suara pemilih dalam pemilu. Menariknya adalah eksistensi dari masing -masing partai tidak menghilang. Meski begitu, dalam konteks politik Indonesia, Anis meragukan itu bisa berjalan dengan baik. "Biasanya ada kendala managemen dan operasional. Apalagi, kekuatan parpol sulit diukur," ujar Wakil Ketua DPR RI itu.

 

Menurut dia, hasil pemilu hanya bersifat situasional. "Perlu dilihat trennya apakah dari pemilu ke pemilu naik atau turun," jelasnya.

JAKARTA -Sejumlah partai berasas atau berbasis massa Islam yang kini menghuni parlemen, seperti PAN, PPP, dan PKB, tengah fokus berjuang membangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News