PKS Kecewa, PAN Minta Klarifikasi

Tanggapan terhadap Hasil Evaluasi Kabinet yang Jeblok

PKS Kecewa, PAN Minta Klarifikasi
PKS Kecewa, PAN Minta Klarifikasi
JAKARTA - Dua di antara tiga kementerian yang mendapat rapor merah dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dipimpin menteri dari kalangan parpol. Yaitu, Kemenkominfo yang dipimpin mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring dan Kemenkum HAM yang dipimpin politikus PAN Patrialis Akbar.

Ketua Fraksi PKS di DPR Mustafa Kamal menilai, parameter proses evaluasi unit kerja yang baru dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam periode kedua kepemimpinannya itu masih perlu dipertanyakan lebih lanjut. Sebab, menurut dia, ada sejumlah kementerian yang kerap menciptakan keresahan di masyarakat, tapi tidak ikut diberi rapor merah.

Misalnya, sebut dia, Kemendagri yang dipimpin Gamawan Fauzi. "Berapa kali Mendagri mengeluarkan kebijakan yang membawa keresahan" Seharusnya rapornya merah sekali itu," protes Mustafa di gedung DPR kemarin (9/7).

Terakhir, lanjut dia, kebijakan Mendagri melengkapi senjata api pada satpol PP yang telah memicu kontroversi luas. Bahkan, hingga Menko Polhukam Djoko Suyanto harus turun tangan untuk membekukannya. Karena itu, berbicara kegagalan atau keberhasilan, Gamawan jelas telah gagal melakukan reformasi mendasar di tubuh Kemendagri.

JAKARTA - Dua di antara tiga kementerian yang mendapat rapor merah dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News