PLN Banggakan PLTP Kamojang

PLN Banggakan PLTP Kamojang
PLN Banggakan PLTP Kamojang
GARUT - PT PLN masih mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hingga saat ini, PLTP yang telah beroperasi sejak tahun 1980-an itu masih menjadi salah satu sumber listrik utama untuk memperkuat sistim kelistrikan Jawa-Bali.

 

"Hingga saat ini PLTP Kamojang dengan kapsitas terpasang sebesar 140 Megawatt, masih menjadi salah satu sumber listrik dalam memenuhi kebutuhan pasokan kelistrikan di wilayah Jawa dan Bali," ungkap Direktur Jawa-Bali PT PLN, Ngurah Adyana dalam acara Media Gathering dengan mengunjugi PLTP Kamojang, Jumat (18/3).

 

Adyana menjelaskan, pembangkit yang bersumber dari panas bumi tersebut merupakan PLTP terbaik yang dimiliki Indonesia. Karena menurutnya, uap yang dikeluaran PLTP ini sangat kering (very dry) sehingga dengan kelembaban yang sangat rendah, uap dapat langsung masuk ke turbin.

 

"Dampak negatif pemanfaatan energi panas bumi ini terhadap lingkungan bisa dikatakan nol, tidak ada emisi karbon, tidak ada hujan asam. PLTP Kamojang ini benar-benar sebagi sumber energi yang ramah lingkungan," terangnya.

 

GARUT - PT PLN masih mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hingga saat ini, PLTP yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News