PLN Siap Optimalkan Pemanfaatan FABA untuk Ciptakan Peluang Bagi UMKM

PLN Siap Optimalkan Pemanfaatan FABA untuk Ciptakan Peluang Bagi UMKM
PLN siap optimalkan pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau limbah padat. Foto: Humas PLN

jpnn.com, JAKARTA - PLN siap optimalkan pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR, Agung Murdifi mengatakan, pengolahan FABA nantinya akan bahan baku keperluan sektor konstruksi dan infrastruktur, bahkan pertanian.

“Di negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Jepang, Eropa, India dan beberapa negara lain hal ini bukanlah sesuatu yang baru dan mereka tidak memasukan FABA ke dalam kategori limbah B3,” tutur Agung, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (22/3).

Dia menjelaskan, pengolahan dilakukan karena saat ini FABA menjadi Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Menurut Agung hasil uji laboraturium atas Toxicity Characteristic Leaching Procedure (TCLP) dan Lethal Dose 50 (LD50) yang contohnya berasal dari beberapa PLTU, FABA yang dihasilkan tidak mengandung unsur yang membahayakan lingkungan.

Dia menyatakan, beberapa laboratorium telah melakukan uji kimia dan biologi atas FABA, antara lain laboratorium Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian ESDM bersama Laboratorium Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PPSDAL) Universitas Padjadjaran.

Sementara itu, dari pengujian toxicology menunjukkan, FABA dapat dikategorikan sebagai limbah tetapi bukan B3.

"Meskipun telah menjadi limbah non B3, seluruh syarat persetujuan lingkungan dipenuhi sesuai standar dan ketentuan Nasional yang telah mengacu pada standar prosedur internasional Best Available Techniques (BAT) dan Best Environmental Practices (BEP)," beber dia.

PLN siap optimalkan pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau limbah padat. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News