JPNN.com

PLTMGU Lombok Peaker Beroperasi Petengahan 2020

Senin, 17 Februari 2020 – 01:44 WIB PLTMGU Lombok Peaker Beroperasi Petengahan 2020 - JPNN.com
Ilustrasi. Pembangkit listrik. Foto dok PLN

jpnn.com, LOMBOK - PLN mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Uap (PLTMGU) Lombok Peaker berkapasitas total 136-Megawatt (MW) yang berlokasi di Tanjung Karang, Mataram.

Hal itu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan kebutuhan listrik di Pulau Lombok.

PLTMGU Lombok Peaker ini merupakan pembangkit Combined Cycle pertama di Indonesia yang menggunakan gas engine untuk proses pembakarannya, dan bukan menggunakan gas turbine seperti pada umumnya.

Proses kerja gas engine sama dengan mesin yang digunakan pada sepeda motor atau mobil, yaitu jenis mesin pembakaran dalam (spark ignition combustion). 

Perbedaannya adalah pada gas engine tidak memerlukan proses pengabutan karena bahan bakar yang digunakan sudah berbentuk gas.

Selanjutnya, energi panas dan uap dari gas buang hasil pembakaran di gas engine (PLTMG) digunakan untuk menghasilkan uap yang digunakan sebagai fluida kerja pada turbin (PLTU), dengan cara memanaskan air di HRSG ( Heat Recovery Steam Generator). 

Uap jenuh kering dari hasil HRSG inilah yang akan digunakan untuk memutar sudu (baling baling) yang selanjutnya menggerakkan turbin, generator dan akhirnya menjadi energi listrik.

Kolaborasi dari 2 sistem proses pembakaran di atas, yaitu PLTMG dan PLTU menghasilkan siklus gabungan yang dikenal dengan istilah combined vycle, yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi pembangkit.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...