PLTS Terbesar Dioperasikan

Hemat Rp 2,5 Miliar Per Tahun

PLTS Terbesar Dioperasikan
PLTS Terbesar Dioperasikan
JAKARTA – PT PLN (Persero) mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 600 kilo watt (KW) di pulau terluar Indonesia, Morotai, Maluku Utara. PLTS Morotai merupakan PLTS dengan daya terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan setrum plat merah itu.

Peresmian pengoperasian pembangkit listrik ramah lingkungan yang berlokasi di Daruba, Morotai ini dilakukan Direktur Operasi Indonesia Timur PLN, Vickner Sinaga didampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Morotai, Weni Paraisu. ”Ini adalah PLTS terbesar yang pernah dioperasikan PLN di seluruh Indonesia, dan diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepulauan Morotai. Dengan demikian, sudah sepatutnya seluruh masyarakat Pulau Morotai bersama-sama ikut menjaga instalasi kelistrikan ini,” kata Vickner di Jakarta, Minggu (15/4).

Vickner mengatakan, pihaknya memang terus berupaya mengembangkan energi terbarukan untuk meningkatkan angka rasio elektrifikasi dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Dia menyebutkan, dengan beroperasinya PLTS ini akan mengurangi penggunaan BBM setiap harinya rata-rata 800 liter atau setara penghematan Rp 2,5 miliar per tahun.

Ia menambahkan, PLN akan terus meningkatkan pelayanan kelistrikan di seluruh tanah air dengan mengutamakan pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi alternatif, utamanya di kawasan timur Indonesia. Keberadaan PLTS juga akan mendukung pelaksanaan Sail Morotai 2012 yang akan dilangsungkan pada Mei hingga September 2012.

JAKARTA – PT PLN (Persero) mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 600 kilo watt (KW) di pulau terluar Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News